HAFIDH YANUAR PRASTIKO

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

KOTA IDEAL DI INDONESIA

diposting oleh hafidh-yanuar-prastiko-fst18 pada 27 June 2019
di Unair.ac.id - 0 komentar

Istilah “Kota Ideal“ tidak bisa dilepaskan dari sosok filosof Plato yang memperkenalkan “Kota Ideal“ AtlantisDalam filsafat Plato ide dan form merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Plato juga yang pertama mengajarkan bahwa antara kebahagiaan dan kesehatan badan dan jiwa terdapat sebuah hubungan yang erat. Dalam karyanya Critias dan Timaeus Plato memaparkan bahwa di benua Atlantis pada mulanya terdapat sebuah peradaban yang sangat maju dan brilian yang hancur karena korupsi dan keserakahan. Pada masa revolusi industri abad ke-19 di Eropa Barat, pengertian “Kota Ideal“ dikaitkan dengan wujud fisik dari sebuah masyarakat urban yang mampu mengintegrasikan berbagai kelas sosial dalam sebuah lingkungan yang baik. Jadi lahirnya ide kota impian pada waktu itu, seperti ide Garden City dari Howard adalah sebuah reaksi terhadap kondisi sosial dan lingkungan yang buruk dari pusat-pusat pertumbuhan industri seperti London, Paris atau Berlin. 


Kira-kira bagaimana sejarah kota ideal di indonesia ? Pada periode selanjutnya yaitu pada masa pembangunan masyarakat modern di abad ke-20, prinsip-prinsip yang diperjuangkan pada abad ke-19 di sebagain besar Negara Eropa Barat telah diterima sebagai acuan bagi pengembangan setiap kota. pengertian “Kota Ideal“ pada waktu itu didefinisikan sebagai sebuah kota dengan wujud fisik yang modern dan industrialis tetapi sekaligus bersifat human. Terkait erat dengan ide kota impian atau “Kota Ideal“ adalah ide kota baru: Ebenezer Howard yang disebut dengan Garden City-nya dengan membangun kota baru di Letchworth.


Dari penjelasan tersebut diatas mungkin anda sudah ada sedikit gambaran tentang Kota ideal itu seperti apa. 10 prinsip–prinsip Kota ideal antara lain : Healthy cityEco-CityJustice City(equality), Human CitySustainable Development CityGrowth City, Population cityUrban Cultural IdentityGreen CitySecurity City

 

1. Eco-City adalah Kota yang ramah lingkungannya menjamin civil liberty. Artinya kota yang hijau, sehat (bebas dr sampah, ramah  lingkungan).
2. Sustainable Development City merupakan Kota dengan pembangunan berkelanjutannya menjamin pelestarian sumber daya kota.
3.Growth city  merupakan Kota yang menjaga pertumbuhan ekonomi & kesejateraan Masyarakat ) 
4. Population city merupakan kota yang mampu mengendalikan populasi penduduk perkotaan demi menekan angka pengangguran dan kemiskinan.
5. Urban Cultural Identity adalah  Kota dengan identitas kultural yang terpelihara dan memelihara diversitas.
6.Human City adalah Kota yang berwawasan humanisà menjamin hak individu.
7.Green City (Kota Hijau) Sesuai dengan program pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat
8.Security City (Kota yang menjamin keamanan bagi warganya)
9.Healthy City adalah kota yang menjamin kesehatan warganya. 

10.Justice City (Kota yang berwawasan keadilan)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :