HAFIDH YANUAR PRASTIKO

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

Penerapan E-commerce pada kaiser permanante

diposting oleh hafidh-yanuar-prastiko-fst18 pada 20 December 2018
di PSI - 0 komentar

BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1 LATAR BELAKANG

            E-commerce (perdagangan elektronik)  adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi dana atau data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Namun kini e-commerce telah mengalami berbagai macam perkembangan, mulai dari fungsi sampai jenis-jenis e-commerce yang berbagai macam. Setidaknya ada tujuh jenis dasar e-commerce atau bentuk bisnis e-commerce dengan karakteristik berbeda: Business-to-Business (B2B), Business-to-Consumer (B2C), Consumer-to-Consumer (C2C) ,Consumer-to-Business (C2B), Business-to-Administration (B2A), Consumer-to-Administration (C2A), Online-to-Offline (O2O). B2B e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan. Produsen dan pedagang tradisional biasanya menggunakan jenis e-commerce ini. B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritel dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan ritel tradisional. C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut. C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional. Jenis e-commerce ini sangat umum dalam proyek dengan dasar multi sumber daya. B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik. Jenis C2A meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan administrasi publik. O2O adalah jenis e-commerce yang menarik pelanggan dari saluran online untuk toko fisik.

 

 

1.2 E-COMMERCE PADA Kaiser Permanente 

            Konsep pembelian online yang telah terbukti sedang diperluas ke pasar asuransi kesehatan dan akan menghasilkan lebih banyak bisnis untuk pembayar, kata Sam Gibbs, wakil presiden senior eHealth. "Internet cocok untuk produk ini," katanya.

“Salah satu tujuan utama kami adalah bekerja dengan kami semudah mungkin,” kata Kim Rucker, manajer segmen untuk produk individu untuk Wilayah Mid-Atlantic Kaiser Permanente. Dia mengatakan Kaiser menanggapi keinginan komunitas pialangnya untuk mengajukan aplikasi secara online.

            "Kaiser Permanente merangkul penggunaan teknologi," katanya. Implementasi ini akan mengurangi biaya pengiriman dan kertas, menghilangkan aplikasi yang tidak lengkap dan tidak akurat, yang pada gilirannya akan mempercepat waktu penyelesaian.

Kecenderungan yang dilihat eHealth adalah kemampuan untuk mengambil proses front-end seperti aplikasi dan membawanya ke sistem back-end pembayar, yang mencakup underwriting dan sistem manajemen anggota. Konsumen akan dapat membandingkan berbagai paket Kaiser dan mengirimkan aplikasi secara online. pengguna akan dapat mengelola buku bisnis online mereka. Proses aplikasi paperless yang lebih efisien dan efisien akan menciptakan pengalaman konsumen / agen yang lebih baik, katanya.

            Gibbs mencatat bahwa rata-rata industri untuk menerapkan dan mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan adalah tiga minggu. Teknologi ini berpotensi mengurangi hal itu menjadi real-time. Dia mengatakan industri bergerak menuju integrasi yang lebih dalam dari platform Internet yang dapat menghasilkan penjaminan dan penerbitan kartu instan dengan titik dan klik. "Kesempatan untuk merevolusi proses itu luar biasa," katanya. "Kami melewati titik adopsi awal dan menjadi mainstream."

 

 

 

BAB II

ISI

 

2.1 E-HEALTH

            Kaiser Permanente adalah konsorsium perawatan terpadu yang dikelola Amerika, yang berbasis di Oakland, California, Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1945 oleh industrialis Henry J. Kaiser dan dokter Sidney Garfield. Sebagai perusahaan besar yang  bergerak dibidang kesehatan, yang tentunya juga melibatkan kegiatan-kegiatan jual beli, Kaiser Permanente menyadari akan kebutuhan konsumen yang semakin besar dan tinggi searah dengan kemajuan teknologi, dengan berlandas dan berdasarkan pemikiran tersebut, lahirlah eHealth. eHealth, Inc adalah perusahaan induk dari eHealthInsurance, sumber asuransi kesehatan online terkemuka untuk individu, keluarga, dan usaha kecil. Melalui situs web perusahaan, www.ehealthinsurance.com, konsumen dapat memperoleh penawaran dari operator asuransi kesehatan terkemuka, membandingkan rencana secara berdampingan, dan mengajukan permohonan serta membeli asuransi kesehatan. eHealthInsurance menawarkan lebih dari 7.000 rencana kesehatan yang ditulis oleh lebih dari 160 perusahaan asuransi kesehatan terkemuka di negara ini. eHealthInsurance mendapat lisensi untuk menjual asuransi kesehatan di seluruh 50 negara bagian dan District of Columbia. eHealthInsurance dan eHealth adalah merek dagang terdaftar dari eHealthInsurance Services, Inc.

            Ketentuan-ketentuan ini terkait dengan penerapan platform, kekuatan dan efisiensi solusi e-commerce eHealth, kemampuan eHealth untuk menyalurkan saluran bisnis yang dihasilkan oleh pialang Kaiser Permanente dan memberikan kontribusi kepada Kaiser Keberhasilan Permanente di kawasan pertengahan Atlantik, eHealth e-commerce mengintegrasikan teknologi pialang Kaiser Permanente secara langsung dengan proses underwriting dan membantu untuk lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan Kaiser Permanente, efektivitas platform e-commerce eHealth dalam menyederhanakan proses penjualan dan pembelian dan meningkatkan efisiensi penjualan dan pemrosesan aplikasi asuransi kesehatan individu. Berbagai risiko dan ketidakpastian yang dapat menyebabkan hasil yang sebenarnya berbeda secara material dari pernyataan yang dibuat, termasuk keyakinan yang terkait dengan keberhasilan Kaiser Permanente dalam memasarkan onlinesales-nya; implementasi lanjutan dari platform e-commerce oleh KaiserPermanente dan para broker dan agennya; kegagalan sistem, malfungsi, kendala kapasitas bugsor; kinerja, keandalan, dan ketersediaan platform dan infrastruktur jaringan yang mendasarinya; keamanan-keamanan e-commerce; alokasi sumber daya oleh Kaiser Permanente dan para perantara dan agennya, keberhasilan hubungan antara eHealth dan Kaiser Permanente dan para pialang dan agen

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN

            Sebagai raksasa perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan, dan melingkupi wilayah yang besar, Kaiser Permanente menyadari akan adanya ketidakefisienan dalam proses melayani ataupun jual beli produk yang ada didalamnya, maka dari itu, Kaiser Permanente menerapkan e-commerce sebagai jalan keluar untuk mengatasi masalah-masalah sebelumnya, pemikiran dan gagasan ini di realisasikan dengan dibuatnya produk baru dari Kaiser Permanente, yaitu eHealth yang dapat membantu proses jual-beli maupun transaksi apapun yang ada dalam PT Kaiser Permanente tersebut, selain membantu mempermudah konsumen, produsen dan distributor, eHealth juga membantu menaikkan efektifitas waktu yang ada, juga otomatis akan menaikkan kualitas pelayanan dari Kaiser Permanante itu sendiri.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://share.kaiserpermanente.org/article/kaiser-permanente-honored-for-health-it-innovation-with-cio-100-award/

https://news.ehealthinsurance.com/news/rel357221

https://www.healthcareitnews.com/news/kaiser-rolls-out-e-commerce-platform

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :