HAFIDH YANUAR PRASTIKO

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

penggunaan strategis dari teknologi informasi pada kaiser permanante

diposting oleh hafidh-yanuar-prastiko-fst18 pada 19 December 2018
di PSI - 0 komentar

BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1 LATAR BELAKANG

            Teknologi informasi pada era ini tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita sebagai makhluk sosial. Teknologi informasi sendiri adalah adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Pada tahun 2005, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins mendefinisikan Teknologi Informasi adalah kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi. Dari definisi dan pengertian yang bersumber dari para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah proses pengolahan data untuk menyebarkan suatu informasi.

            Jka suatu company masih menggunakan paper based data maining atau masih mengandalkan kertas dalam pengolahan data, itu akan menyebabkan pemborosan dalam penyimpanan, anggaran keuangan, sampai resiko kehilangan data yang besar bila sudah menjadi perusahaan yang besar dibandingkan dengan menggunakan computing based data maining atau menggunakan bantuan computer (hardware dan software) untuk mengatur dan memproses suatu data di perusahaan yang besar, itu akan mengurangi resiko kehilangan data akibat kelalaian, serta memperkecil anggaran keuangan karna tidak memperlukan kertas sebagai bahan utama data maining  sehingga kerja menjadi lebih efektif dan terhindar dari pemborosan dalam perusahaan tersebut.

            Pada kesempatan kali ini, dilakukan pengamatan terhadap penggunaan strategi TI (Teknologi Informasi) pada “kaiser permanente” dimana Kaiser permanente adalah salah satu “raksasa” perusahaan layanan kesehatan dan asuransi kesehatan di dunia. Tujuan dilakukannya pengamatan ini adalah ketertarikan kami terdapat strategi teknologi informasi apa yang dapat di implementasikan di bidang asuransi dan kesehatan, karena biasanya, strategi teknologi informasi digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang teknologi.

 

 

 

1.2 RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana penggunaan strategi Teknologi Informasi dari perusahaan kesehatan “kaiser permanente”

 

1.3 TUJUAN

Mengetahui dan mempelajari bagaimana penggunaan strategi Teknologi Informasi dari perusahaan kesehatan ternama “Kaiser permanente”

 

 

 

 

 

BAB II

ISI

 

            Kaiser Permanente adalah konsorsium perawatan terpadu yang dikelola Amerika, yang berbasis di Oakland, California, Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1945 oleh industrialis Henry J. Kaiser dan dokter Sidney Garfield. Dari penelitian yang sudah dilakukan dengan tinjuan beberapa pustaka yang ada, penggunaan strategi teknologi informasi oleh perusahaan Kaiser pemanente sebagai perusahaan besar yang bergerak dibidang kesehatan, adalah dengan mengeluarkan suatu layanan kesehatan public dengan nama “HealthConnect”

            HealthConnect. Adalah salah satu layanan kesehatan dimana semua kepentingan dan kegiatan yang dilakukan oleh konsumen maupun staff ahli perusahaan yang ada melalui internet based atau dengan kata lain, bisa delakukan secara mobile.

            Sebelum menggunakan HealthConnect, Kaiser permanente menggunakan kertas sebagai media utama penyimpanan data seperti data pasien, data dokter dan riwayat kesahatan pasien yang bersifat rahasia tersebut.

            Diatas sudah dijelaskan, bahwa HealthConnect adalah layanan berbasis computer dimana semua kegiatan dapat dilakukan secara online seperti melakukan perjanjian dengan dokter untuk kepentingan kesehatan, atau sekedar mengecek data-data kesehatan yang telah ada. Dengan ini, tidak perlu lagi repot-repot mensortir kertas-kertas yang ad ajika ingin mencari suat berkas, juga proses bekerja pun akan semakin memakan waktu singkat karene semua bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

            Cara penggunaan HealthConnect juga sangat mudah, sehingga siapapun dapat menggunakannya, tak terkecuali lansia.

            Selain itu juga terdapat Sistem Perawatan Pasien Interaktif, yaitu sebuah sistem yang memungkinkan pasien yang dirawat di rumah sakit untuk mengendalikan lingkungan mereka menggunakan televisi di kamar mereka.. Pasien juga dapat memesan makanan di waktu senggang mereka, menonton video pendidikan atau film berdasarkan permintaan, menjelajah Internet, bersiap untuk pulang dan masih banyak lagi. Sistem ini meningkatkan kepuasan pasien dan berhubungan dengan pengurangan readmissions

Sistem Lokasi Real Time : Teknologi RFID yang kuat memungkinkan penyedia layanan untuk melacak dan dengan cepat menemukan lebih dari 140.000 perangkat bergerak dan peralatan yang digunakan di rumah sakit dan kantor medis, dari kursi roda ke mesin sonogram yang berguna untuk menghemat waktu berharga yang dapat mereka habiskan dengan pasien

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN

 

Kaiser Permanente memiliki komitmen untuk membantu membentuk masa depan perawatan kesehatan. Mereka telah diakui sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan terkemuka di Amerika dan rencana kesehatan nirlaba. Kaiser Permanente memiliki misi untuk menyediakan layanan perawatan kesehatan berkualitas tinggi, terjangkau, dan untuk meningkatkan kesehatan anggotanya dan komunitas yang dilayani. Kaiser Permanente didedikasikan untuk inovasi perawatan, penelitian klinis, pendidikan kesehatan dan dukungan kesehatan masyarakat

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://share.kaiserpermanente.org/article/kaiser-permanente-honored-for-health-it-innovation-with-cio-100-award/

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :