HAFIDH YANUAR PRASTIKO

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

PRODI S1 SISTEM INFORMASI UNAIR

diposting oleh hafidh-yanuar-prastiko-fst18 pada 17 August 2018
di pointer - 0 komentar

Nama        : Hafidh Yanuar Prastiko

NIM           : 081811633034

Kelompok  : LENOVO

 

PRODI S1 SISTEM INFORMASI UNAIR

           S1 Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang ada di Universitas Airlangga Surabaya dan termasuk kedalam Fakultas Sains dan teknologi. Sebelum berubah nama menjadi FST, dulunya FST bernama Fakultas mipa. Seiring dengan perkembangan disiplin ilmu sistem informasi dan semakin banyak tuntutan akan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan di bidang sistem informasi, pada tahun 2000, berdasarkan SK Dirjen DIKTI No.247/DIKTI/Kep/2000, berdirilah program studi D3 Sistem Informasi yang berada dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Saat ini berubah nama menjadi Fakultas Sains dan Teknologi) . Mulai tahun 2008 dibuka program studi baru yaitu S1 Sistem Informasi. Selain sistem informasi ada dua program studi baru yang dibentuk bersama – sama dengan sistem informasi pada saat itu yaitu, teknik lingkungan, dan teknobiomedik, selain itu juga dibentuk dua program studi S2 yaitu kimia dan biologi. Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Di fakultas sains dan teknologi sendiri sistem informasi berada di departemen matematika, hal ini karena saling dekatnya materinya seperti perhitungan,logika,dll.
            Universitas Airlangga sendiri memiliki beberapa pengajar atau dosen serta staf untuk program studi S1 Sistem Informasi ini, di antaranya adalah Dra. Rini Semiati, M.Si. ; Drs. Kartono, M. Kom. ; Drs. Eto Wuryanto, DEA. ; Ir. Dyah Herawatie, M. Si. ; Dr. Rimuljo Hendradi S.Si., M.Si. ; Eva Hariyanti, S. Si., M. T. dan masih banyak lagi.
           Selama kita kuliah,kita dituntut untuk benar-benar menguasai materi yang diajarkan, seperti business inteligence, yaitu kemampuan Mengkaji teknik untuk melakukan transformasi data mentah menjadi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. mengidentifikasi peluang baru serta mengimplementasikan strategi bisnis berdasarkan informasi yang diolah dari data sehingga menciptakan keunggulan kompetitif. Bahan kajian KBK Business Intelligence meliputi data mining, text mining, data warehouse, online analytical processing, artificial intelligence, dan decision support system.

             Selain itu kita juga harus menguasai information system engineering, yaitu Pendekatan multidisiplin terhadap aktifitas yang berkaitan dengan pengembangan dan pengelolaan sistem informasi dalam pencapaian tujuan organisasi. Ruang lingkup KBK Information Systems Engineering meliputi Pengembangan, pengelolaan, serta pemanfaatan Sistem Informasi. Tata Kelola Organisasi, Enterprise Resource Planning, Enterprise Architecture Planning, dan Knowledge Management. Dan yang terpenting dan merupakan materi dasar, kita harus benar-benar menguasai programming. Karena kelak setelah kita lulus, hal pertama uang akan ditanyakan adalah seberapa kita handal dalam programming. setelahnya barulah kita akan ditanya hal-hal yang lain

             Lulusan Sistem Informasi biasanya bekerja sebagai manajer, konsultan, dan profesional IT seperti IT manajer, manajer proyek IT, konsultan ERP, systems analyst, systems programmer, systems administrator, security administrator, dan auditor IT.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :